Veli F. Makoto [Official]

Selasa, 26 April 2016

Anime, Keuntungan Dari Sebuah Tontonan Bermanfaat yang Bahkan Belum Pernah Kalian Tonton !




Ohayo minna-san ^o^)/, genki ka ?

     Bagi kalian yang mengatakan anime itu adalah tontonan anak-anak kecil sekarang admin ingin tahu mengapa anda bisa berkata begitu ? Kenapa anime yang memiliki nilai-nilai ideologi itu dibilang kekanak-kanakan ? Kenapa anime yang selalu memperlihatkan rasa kebersamaan dan mengajarkan bagaimana bertanggung jawab kalah pamor dengan tontonan seperti sinetron ?

     Biasanya, orang pada umumnya selalu menyamakan anime dengan kartun. Jelas-jelas beda kali bro, anime itu adalah sebuah animasi dimana karakter dan sifat disamakan dengan manusia-manusia pada umumnya, sedangkan kartun itu sebuah animasi yang berbentuk makhluk-makhluk yang abstrak (dalam arti bukan berbentuk manusia seutuhnya, contoh kartun ntu seperti sponge*** tuh).  >.<

     Ada yang bilang anime itu tontonan yang tidak jelas dan tidak berguna. Wah-wah, apakah sinetron, FTV, Drama dan film-film yang sering kalian tonton di siaran televisi Indonesia itu mengajarkan apa arti kehidupan yang sebenarnya ? (paling cuma mengajarkan hal-hal yang berbau cinta dan roman aja itu min -.-).
Admin akan memberikan beberapa spekulasi terkait sinetron dan drama yang sering kalian tonton nih. Manfaat dari sinetron adalah:
1.     Mengajarkan tentang selingkuh
2.    Mengajarkan tentang menangis
3.    Mengajarkan tentang perceraian
4.    Mengajarkan apa artinya bibit-bibit kegalauan
5.    Mengajarkan bagaimana harus terlihat seksi saat disekolah
6.    Memberikan dampak ketergantungan yang tinggi (kalau belum nonton, pasti bikin kepikiran)

     Bayangkan ! Betapa banyak manfaat sinetron kepada generasi-generasi muda (terutama anak dibawah umur) yang sering mereka bilang dengan tahap kedewasaan. Bayangkan.. Bayangkan.. Bayangkan.. Hmmm….

     Yappari, mereka beranggapan seperti itu karena mereka belum tahu apa saja yang bisa didapat dari sebuah anime. Sebenarnya sudah lama admin mencoba menguak misteri dibalik film animasi jepang yang kita sebut anime, dan dari beberapa sumber referensi yang admin kumpulkan (udah kayak detektif conan aja min, wokwokwok) seperti yang kita ketahui memang ada sesuatu yang mengganjal dari perfileman Indonesia, seperti yang kita ketahui bahwa film yang mengandung unsur kedewasaan ataupun ideologi memang dibalik keberadaannya dari film dewasa ke film anak-anak, mengapa bisa begitu ? padahal kalau dipikir secara logika, film animasi yang bertemakan adventure, fantasy, supranatural, misteri, action, comedy, slice of life, dan lain-lain itu banyak mengandung nilai-nilai ideologinya.

     Untuk contoh referensinya admin akan memakai anime One Piece. Didalam anime One Piece diceritakan kehidupan sebuah kelompok-kelompok bajak laut yang memiliki kekuatan supranatural yang bisa dibilang suatu hal yang tidak mungkin dilakukan oleh orang normal, padahal jika dikaji, dunia ini memang tidak normal (zaman gila) jadi kalau kita tidak gila berarti kita normal sendiri, dan kalau kita normal sendiri justru itulah hal yang gila (renungkanlah).

     Padahal dulu sebelum agama Islam masuk ke tanah Jawa, orang-orang ada orang-orang yang memiliki kemampuan untuk terbang dan benar-benar terbang (bukan takhayul). Lantas apa yang membuat itu semua bisa terjadi ? Kesimpulannya adalah orang jaman dahulu kuat dalam berimajinasi. “Apapun yang kau imajinasikan akan menjadi kenyataan suatu saat nanti” (sumber: Monkey D. Luffy (One Piece)). Ohh iya, satu lagi, dahulu saat rakyat Indonesia memperjuangkan NKRI, mereka belum mempunyai persenjataan yang canggih yang dimiliki oleh para penjajah, dan pada waktu itu rakyat Indonesia sebagian besar hanya bersenjata bambu runcing. Tapi anehnya bagaimana mungkin bambu runcing bisa mengalahkan senjata api ? (Hmmm, seperti cerita anime aja ni min :3 )

     Setelah sekian lama admin mengumpulkan data tentang pertumbuhan kedewasaan putra-putri Indonesia ternyata memang ada sedikit retorita di negri kita ini khususnya dalam hal perfileman, jadi film animasi yang memiliki potensi arti kehidupan itu memang dibalik dengan film dewasa (sinetron dan drama) agar kita patah semangat dan mudah putus asa, jadi yang ditampilkan dari sebuah sinteron dan drama itu seakan-akan menggambarkan kehidupan nyata saat ini seperti selingkuh, uang, hidup di jalanan, pergaulan bebas, perceraian dan lain-lain, lebih parahnya lagi adegan cipikia-cipiki, peluk-pelukan dan kabur-kaburan yang justru membuat generasi muda semakin terpuruk dan tertindas kejiwaannya karena tontonan tersebut. Kamisama onegai T.T, seperti itukah yang diajarkan kepada kita dari sinetron dan drama ? mau jadi seperti apa kita nanti (renungkanlah).

     Sinetron, FTV dan drama Sungguh berbeda dari anime yang banyak mengandung unsur ideologi, filosifi hehidupan, mengajarkan apa itu kehangatan dari hasil sebuah perjuangan dan keharmonisan terlebih dalam hal persahabatan.
Yosh, Sekarang admin akan memberi tahu apa saja manfaat yang bisa kamu dapat dari menonton anime.

Apa saja sih min manfaatnya ? berikut akan admin paparkan.
1.     Mengajarkan kita untuk semangat meski banyak cobaan menghadang. Di poin ini kita banyak melihat orang yang putus asa dibidang asmara, pekerjaan, pendidikan dan hal-hal lain yang membuat mereka depresi atau tertekan, namun ketika admin melihat beberapa beberapa anime, admin melihat tokoh-tokoh yang mengajarkan bagaimana caranya tetap tegar dan mecari solusi untuk bisa menggapai impian mereka dan memotivasi teman mereka untuk tetap berjuang dalam mencapai suatu tujuan.
2.    Mengajarkan arti sebuah persahabatan. Di dunia nyata kita sering melihat persahabatan semu (fakta nih, admin belum pernah sekalipun punya sahabat di kehidupan nyata soalnya jadi tahu sedikit rasanya awokawokwok). Kebanyakan mereka datang kepada kita jika mereka membutuhkan sesuatu namun pergi ketika kita sedang dalam kesusahan atau saat mereka selesai dengan urusan pribadi mereka. Tapi admin tidak mengatakan semua persahabatan dunia nyata itu palsu, masih ada yang mau membantu sahabat mereka dalam keadaan suka maupun duka (meski admin cuma melihat mereka dari jauh aja sih, karena admin tidak percaya sahabat di dunia nyata ini benar-benar ada :3 ). Hal ini admin dapatkan saat menonton anime seperti Toradora, Nanatsu no Taizai, Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru, Boku Dake ga Inai Machi, dan anime-anime yang lain, tokoh dalam anime yang saya sebutkan selalu berusaha bahu-membahu menolong sahabatnya meski dalam keadaan sesulit apapun. Kesimpulan admin yaitu sahabat adalah teman yang melengkapi kekurangan maupun kelebihan diri masing-masing dan orang yang ada untuk menolong kita dengan keikhlasan yang tak ternilai, bahkan bisa melebihi mahalnya suatu harta dan mempertaruhkan nyawa sendiri.
3.    Menjadi inspirasi bagi setiap orang. Orang yang menonton anime pasti selalu merasa terinspirasi (mendapatkan ide) ketika menonton anime atau membaca manga (sebutan untuk komik jepang). Entah itu fashion, style, gaya berpikir, cara berperilaku, atau watak-watak khusus anime. Di anime apapun semua pakaian-pakaian yang mereka gunakan sungguh keren-keren semua, sampai ujung-ujungnya muncullah yang namanya cosplay (sebutan untuk orang yang berpenampilan seperti beberapa tokoh anime). Dan keuntungannya adalah kalian bisa meraup keuntungan dari cosplay, contohnya seperti kalian bisa berkompetisi dalam beberapa event-event anime yang kadang diselenggarakan di kota-kota kalian (admin pernah ikut juga soalnya, seru banget >.<).
4.    Secara tidak langsung selalu memberikan pesan moral. Salah satu dampak positif dari menonton anime selain menghibur, kita juga bisa mendapatkan pesan-pesan moral. Coba bandingkan dengan sinetron dan drama, yang ada pasti hanya pesan moral yang tidak baik (dari dulu sampai sekarang sinetron dan drama selalu mengajarkan banyak kesedihan yang tak berarti, cinta-cintaan, dan harta warisan T.T).
5.    Seni dan kreatifitas. Animasi gambar dan gerak adalah sebuah seni (ujung-ujungnya lari ke sastra lagi min >.<), bahkan jika kalian bisa mengasahnya dengan bakat dan kreatifitas kalian maka akan memberikan keuntungan tersendiri bagi kalian, bahkan untuk masalah financial. Di Indonesia sendiri sudah mulai populer dengan kreatifitas animasi yang bisa menjunjung karir (meski animasi Indonesia masih tertinggal jauh).
6.    Sedikit belajar bahasa Jepang. Jika kalian sering menonton anime, admin jamin sedikit demi sedikit kalian juga bisa sedikit mengerti dengan bahasa Jepang (meski kalian masih sering membaca subtitle, tapi dengarkanlah pembicaraan dalam animenya ya). Hal ini bisa mengajarkan kalian untuk mengetahui bahasa Jepang meskipun hanya dari menonton anime tapi bayangkan jika kalian bisa menguasai bahasa yang satu ini, admin jamin kalian akan merasakan keuntungannya suatu saat nanti. Mengapa bisa begitu min ? Jepang adalah salah satu negara yang bisa dibilang paling maju di daerah Asia, bayangkan jika kalian bisa bekerja disana suatu saat.
7.    Menyadari indahnya perbedaan. Tak perlu dipungkiri, keunikan dan betapa kerennya anime disebabkan oleh gaya berbicara, penampilan yang unik, watak yang berbeda, dan lain-lain, tapi sebenarnya bukan itu yang mau admin bahas. Setiap manusia memiliki kisah hidup yang berbeda, begitu pula anime. Dalam kehidupan kita bertemu banyak orang yang bersikap angkuh, sombong, dermawan, humoris dan lain-lain. dengan adanya perbedaan itu, para mangaka (sebutan untuk pengarang manga atau pembuat anime) ingin menyampaikan satu hal, jika hidup ini tidak ada yang namanya perbedaan maka segala hal akan tampak membosankan. Cerita hidup yang berbeda-beda itu akan terasa indah sekali jika dikemas dengan sesuatu yang berbeda pula.
8.    Memberi kita banyak kata-kata bijak. Mungkin kalian belum tahu makna dari sebuah anime (wajib baca poin ini), nilai utama dari sebuah anime adalah bukan hanya sebuah grafis yang bergerak, bentuk karakter dan lainnya namun yang admin pasang untuk menilai sebuah anime adalah kata-kata yang bisa dipraktekkan dalam kehidupan nyata. Di dalam anime banyak sekali kata-kata mutiara (melebihi film-film india atau korea yang kalian suka lihat tuh :v ). Berikut admin berikan contoh kata-kata mutiara nan-bijak yang bisa kita resapi untuk dijalani di kehidupan nyata ini:  










     Yah, untuk saat ini itu saja yang bisa admin sampaikan (meski belum semuanya). Masih ada yang mau berkata anime itu Cuma buat anak kecil ? Suruh buka blog ini gih (awokaowkawok). Nah, mulai sekarang silahkan kalian coba download-download atau search-search sedikit tentang anime (>.<). Sekian dan mohon maaf apabila ada salah penulisan.

Admin mohon pamit, mata ashita, sayonara, sampai jumpa di lain waktu dengan pembahasan yang berbeda..  \(^o^)/

15 komentar:

  1. Min, ini Veli F. Makoto yang asli kah ?
    aq cari" gak nemu blog yg lama soal'ny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, blog lama sudah tidak aktif..
      Admin mohon maaf yang sebesar-besarnya.

      Hapus
  2. Thanks min.
    Sangat berguna sekali untuk meyakinkan orang tua tentang anime >.<

    BalasHapus
  3. Arigatou Min.. Sashiburida nee~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lama tidak bertemu.. Ohh iya, tepat tanggal 1 bulan 5 nanti akan diadakan jumpa offline guild ROTTERDAM DN Vestinel. Jangan lupa datang ya.

      Hapus
    2. Okee master.. tempatnya masih sama kyk waktu terakhir kita jumpa offline kan? udah lama juga gk ketemu sama guild master hahaha..

      Hapus
    3. Iya tentu saja masih sama.
      Sepertinya agak susah untuk bisa bertemu dengan admin, karena admin akan menyamar menjadi lampu jalan.

      Hapus
    4. Hahaha, kebiasaan mu min..

      Hapus
  4. Haiii Vel, lama gk ketemu. kapan" mampir lah k unmul..
    btw on the busway, artikel'ny sangat membantu untuk meyakinkan cwe qu biar gk nonton drama korea lgi :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada waktu pasti mampir kok.
      Senangnya yang punya pacar, sekali-sekali bantulah orang yang belum punya (awkwkwk).

      Hapus
  5. Makasih banyak min, sangat membantu..

    BalasHapus
  6. Thanks mimin.. Ijin comot dlu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sashiburida Yui-san..
      Gak pertamax yey >.<

      Hapus
  7. karna menurut saya yang menyukai anime blog ini sangat bagus,, jadi yang lain yang hanya suka nonton drama atau sinetron mungkin bisa sedikit menyukai anime,, karna menurut saya menyukai anime atau apa pun yang berbau jepang itu menyenangkan(*^_^*) apalagi kalau nonton anime dagashi kashi rasanya pengen beli makanan ringan produk jepang(∩_∩),, jadi minna(*^ω^*) jangan cuma bilang kalau anime itu kekanak-kanakan dan gak ada pelajaran yang didapat dari anime,, anime itu penuh dengan cerita yang mengajarkan kebaikan dan petualangan
    etoo.. gomen kalau panjang lebar ngomongnya(×_×;
    sayonara minna,, ganbatte

    BalasHapus